Kolaborasi IHN dan MMI Membangun Pemimpin Muda Inspiratif

Pada 14-16 Agustus 2017 Institut Harkat Negeri bekerja sama dengan Mega Mendung Institut mengadakan pelatihan kepemimpinan yang bertajuk “Peran Pemuda Inspiratif Sebagai Pelopor Pembangunan Civil Society”. Pelatihan ini diseleggarakan di Bagus Inn, Cirebon dan diikuti oleh pemuda-pemudi perwakilan dari 24 Kecamatan dari penjuru Kabupaten Cirebon.

Pelatihan ini mengkolaborasikan 2 metode, yaitu presentasi dan fasilitasi. Pada awal acara, Ketua Dewan Pembina Mega Mendung Institut menyampaikan tentang Wawasan Ke-Cirebonan. Pada sesi ini, para peserta diajak untuk menyelami potensi dan harapan-harapan untuk Cirebon yang lebih baik. Turut hadir Sudirman Said dan M. Said Didu, Ketua dan Dewan Pembina Institut Harkat Negeri yang mempresentasikan tentang kepemimpinan dan berbagi pengalaman tentang sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang penggerak. Pembina Institut Harkat Negeri lainnya, Nizar Suhendra dan M. Ichsan Loulembah membawakan materi pendidikan politik dan kebangsaan. Materi tersebut dikuatkan lagi dengan simulasi permainan yang dibawakan oleh Sahala Harahap dan Diah Nurpati. Sebagai pemateri tamu hadir pula Direktur Populi Center, Usep S. Ahyar yang memberikan materi tentang teori pengorganisasian masyarakat.

Hari kedua pelatihan lebih banyak diisi dengan fasilitasi. Hal ini bertujuan untuk menguatkan materi yang disampaikan dari hari pertama, sekaligus memberi kesempatan untuk para peserta untuk berinteraksi dan membangun perspektifnya masing-masing. Dalam fasilitasi ini peserta diarahkan untuk berpikir logis dan visionaris dalam memandang kondisi Bangsa saat ini. Peserta juga dibebaskan untuk berpikir kreatif dalam mencari solusi bagi permasalahan yang ada di sekitarnya.


blog comments powered by Disqus