Kolaborasi Dompet Dhuafa dan IHN dalam Strategic Leadership Training


^ Foto bersama M. Said Didu pembina Institut Harkat Negeri

Pada tanggal 25-26 Agustus 2017, Beastudi Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Institut Harkat Negeri dalam melaksanakan pelatihan “Strategic Leadership Training” untuk penerima Beasiswa Bakti Nusa 2017 di Parung, Bogor. Pelatihan ini diikuti oleh 52 aktivis terpilih dari Universitas Negeri di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Tanjung Pura, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Sriwijaya, UNS, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, dan UNJ.

^ Peserta menempelkan gambar wajah yang diperoleh dari peserta yang lain

Pelatihan ini menggunakan teknik fasilitasi yang dipandu oleh Sahala Harahap dan Dyah Indrapati. Peserta diajak untuk melakukan simulasi-simulasi dan mendiskusikan hasil dari simulasi tersebut.
Peserta juga mendapatkan materi dari para tokoh. Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi tentang media dari Miftah Sabri (CEO Selasar.com). Pada sesi kedua, peserta mendapatkan materi tentang value yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dan teknik bersiasat yang dibawakan oleh M. Said Didu.  seperti Erie Sudewo (Pengurus IHN) yang menjelaskan tentang pentingnya karakter , Miftah Sabri (CEO selasar.com) yang menjelaskan tentang media , Rina Fathimah (Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan), dan Purwo Udiutomo (General Manager Beastudi Indonesia).

Selama 2 hari, peserta tidak hanya mendapatkan materi di dalam ruangan mereka juga mendapatkan materi di luar ruangan. Peserta dibekali dengan pengetahuan untuk berkolaborasi di dalam komunitas dan lingkungan mereka.

^ Peserta mendiskusikan makna permainan sebagai proses internalisasi nilai yang dapat diterapkan dalam masyarakat.

Seusai pelatihan, peserta akan melaksanakan projek sosial di daerah masing-masing dengan peserta se regional. Selain itu, mereka juga akan membimbing 8 adik asuh di daerah mereka.



blog comments powered by Disqus