Ketua IHN hadir dalam Peluncuran Suropati Syndicate dan Bedah Buku “Berpihak pada Kewajaran”

Ketua Institut Harkat Negeri, Sudirman Said diundang dalam acara peluncuran Suropati Syndicate, 11 Juni 2017 di Taman Suropati Menteng, Jakarta Pusat. Diskusi pertama yang dilakukan di taman menteng ini, membahas buku Antologi Pemikiran Sudirman Said, Berpihak pada Kewajaran. Sudirman Said diundang untuk menyampaikan uraian singkat mengapa buku ini ditulis. Selain itu, Suropati Syndicate juga mengundang beberapa pembicara antara lain Nirwan Ahmad Arsuka (Pendiri Gerakan Pustaka Bergerak),  Yusran Darmawan (blogger dan penulis), dan juga Ardiansyah Laitte (peneliti ekonomi politik dan direktur Balitbang PB HMI).

Menurut Muhammad Sujahri, Direktur Suropati Syndicate, Suropati Syndicate dibentuk atas refleksi situasi politik di Indonesia. Sehingga menurut dia, dengan ruang diskusi seperti yang diadakan di Taman Suropati akan menyegarkan dan memberikan informasi-informasi yang shahih. "Kami mengenal Sudirman Said sebagai figur yang berani, sekaligus bisa menjadi inspirasi untuk anak muda," ujarnya Sujahri.

Peserta diskusi terdiri dari berbagai komunitas

Diskusi berjalan sangat  menarik, pengulas memberikan pandangan mendalam tentang isi buku ini. Nirwan Arsuka mengatakan bahwa sebenarnya buku Berpihak pada kewajaran itu bisa digambarkan dengan satu kata yaitu meritokrasi. Ia menambahkan Pak Sudirman Said bisa menjadi contoh, bahwa latar belakang apapun bisa menjadi pemimpin karena kapasitas. Yusran sebagai pembahas menjelaskan bahwa memang pemimpin itu harus sudah selesai dengan dirinya. Itulah kenapa menurutnya di jawa itu muncul filosofi, sugih tanpo bondo yang artinya kaya tanpa materi. Bisa saja orang kaya hati dan lain sebagainya. Pengulas ketiga, Andriansyah yang juga menguraikan isi buku dari prespektif aktivis dan akuntan.

Peserta bertambah banyak sepanjang proses diskusi hingga selesai


blog comments powered by Disqus